RPP K13 SD KELAS 4 TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU

ILUSTRASI RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan                :  ________________________________
Kelas / Semester                   :  IV / 2
Tema 6                                  :  Indahnya Negeriku
Sub Tema 1                           :  Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran                        :  1
Alokasi Waktu                      :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Komepetensi Dasar (KD)
3.4     Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4     Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
  1. Menceritakan kembali mengguna-kan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita petualangan
  2. Membuat kalimat menggunakan kosa kata baku

Matematika
Komepetensi Dasar (KD)
3.7     Menentukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
4.2     Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen 
Indikator :
  1. Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
  2. Menjelaskan operasi pengurangan bilangan desimal dan persen
  3. Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen
  4. Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen

IPA
Komepetensi Dasar (KD)
3.7     Mendeskrpisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6     Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator :
  1. Membedakan hewan langka dan tidak langka
  2. Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membedakan hewan langka dan tidak langka dengan benar.
  2. Berdasarkan teks petualangan, siswa mampu menyimpulkan berita menggunakan kata-kata sendiri.
  3. Dengan membaca teks, siswa mampu menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri.
  4. Berdasarkan teks petualangan, siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku dan menerapkannya dalam kalimat secara terstruktur dengan teliti.
  5. Dengan menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan benar.
  6. Dengan menganalisis tabel dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengurangan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
  7. Berdasarkan tabel, siswa mampu mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
  8. Berdasarkan tabel, siswa mampu mengoperasikan pengurangan desimal dan persen dengan teliti

Selengkapnya daunload dibawah ini. 


Subscribe to receive free email updates: